google-site-verification: google92c2b16846dcc938.html
Menu Close

Pengurusan Ijin Ekspor Kopi

Berhubung ada permintaan kopi dari luar negeri, coba deh kita urusin sendiri dokumennya, meskipun permintaan masih di bawah 100 kg.

Pertama, datang ke Kantor Pos nanya prosedur pengiriman sekalian nanya harga. Harga lumayan mahal dan durasi pengiriman sangat lama. Perijinan yang diperlukan harus dilengkapi. Nah menurut info dari petugas Kantor Pos harus ada dokumen perijinan dari BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam. Well … langsung meluncur ke BKSDA Batan Kendal, Denpasar. Sampai di BKSDA ternyata keliru, seharusnya ke Balai Karantina Pertanian.

Kedua, langsung datang ke Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Denpasar di Pesanggaran yang kebetulan dekat dengan lokasi BKSDA. Pelayanan di Balai Karantina ini sangat bagus, dibukain pintu oleh security, diarahkan ke penerima tamu dan diantar oleh penerima tamu menuju petugas yang kompeten …. keren deh layanannya.

Ketiga, oleh petugas (Ibu Nurbaya) dijelaskan secara detail :
1. Langkah 1, register di http://iqfast.karantina.pertanian.go.id/
2. Langkah 2, mengisi form register dan menunggu respon di email.
3. Langkah 3, mendapatkan konfirmasi registrasi user name dan password di email.
4. Langkah 4, login ke website di atas dan klik PPKOnline untuk pngurusan pengiriman kopi.
5. Langkah 5, membawa kopi ke Balai Karantina untuk mendapatkan dokumen perijinan. (Roasted bean lebih cepat daripada green bean).
6. Langkah 6, membayar biaya perijinan yang tidak lebih dari Rp 100.000 melalui transfer.
Kopi siap diekspor.

Perijinan bisa dilakukan atas nama perorangan sehingga hal ini memberikan kemudahan bagi UKM untuk melakukan perdagangan lintas negara. Pastikan kualitas Kopi yang dikirim adalah kopi kualitas ekspor untuk memastikan lolos uji dari Balai Karantina.

Mari menjadi eksportir … menjual produk Indonesia ke pasaran luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification: google92c2b16846dcc938.html
WhatsApp chat